Buku gratis - Sarasehan Sejarah dan Budaya Panjer - Kebumen
Buku gratis – Sarasehan Sejarah dan Budaya Panjer – Kebumen

Sarasehan Sejarah dan Budaya Panjer Dalam Rangka Pemantapan Ketahanan Nasional di Kebumen Diselenggarakan oleh Kodim 0709/Kebumen Kebumen 26 November 2012

Pendahuluan
Paparan ini berusaha menggali sejarah cikal bakal berdirinya kabupaten Kebumen. Paparan ini menggunakan sumber data sementara yang telah berhasil ditemukan baik berupa buku catatan Belanda maupun babad – babad Jawa.
Tidak menutup kemungkinan adanya cerita tentang kabupaten Kebumen yang lebih tua. Karena keterbatasan sumber data maka penyusunan sejarah sementara menggunakan referensi data yang telah ada.

Asal Mula Kabupaten Kebumen
Kabupaten Kebumen adalah nama baru dari kabupaten lama yang bernama Panjer. Nama Panjer dalam bahasa Sansekerta berarti tonggak atau awal; Punjer berarti pusat (Kamus Bahasa Sansekerta DR. Purwadi M. Hum). Ibukota kabupaten Panjer berada di Panjer hingga masa terakhir perang Dipanegara.
1831 ibukota Panjer dikuasai Belanda setelah peristiwa penyerangan besar – besaran Belanda dari tiga arah :
– Sektor selatan pasukan Mayor Biskus dan Magilis
– Sektor barat pasukan Mayor Verbrug, Kapten Arons, dan Huster
– Sektor timur pasukan Mayor Van Royen, pasukan Surakarta dan Yogyakarta di bawah pimpinan Arungbinang IV.

1832 ibukota lama Panjer dipindah ke tempat yang baru setelah belanda membumikanguskan pendopo agung Panjer karena Panjer di bawah Kalapaking IV sebagai kekuatan terbesar P. Dipanegara tetap melakukan perlawanan meskipun P. Dipanegara telah tertangkap.(Sejarah Dinasti Kalapaking, R. Tirta Wenang)

Panjer Dari Masa Ke Masa
Panjer adalah sebuah kerajaan di wilayah barat yang telah ada sejak masa pra Islam dan dikategorikan sebagai wilayah mancanegara oleh kerajaan – kerajaan di wilayah timur. Sebutan untuk pemimpin Panjer masa lalu adalah Kuwu Panjer. Sebutan Kuwu Panjer diganti menjadi Adipati pada masa kerajaan Demak. Kata Kuwu merupakan sebutan pemimpin suatu wilayah pemerintahan kuno di Jawa yang dalam perkembangannya menjadi kerajaan. Kata Panjer telah ada jauh sebelum masa islam.

Selengkapnya buku ini bisa didownload/unduh lewat tautan Download Buku Gratis – Sarasehan Sejarah dan Budaya Panjer Dalam Rangka Pemantapan Ketahanan Nasional di Kebumen ( 300kB).

http://kebumen2013.com/wp-content/uploads/2012/12/Sarasehan-Sejarah-dan-Budaya-Panjer-depan.jpghttp://kebumen2013.com/wp-content/uploads/2012/12/Sarasehan-Sejarah-dan-Budaya-Panjer-depan-140x140.jpgAnanda. RSejarahBuku Gratis,buku sejarah kebumen,Buku Sejarah Panjer kebumen,Ebook GratisSarasehan Sejarah dan Budaya Panjer Dalam Rangka Pemantapan Ketahanan Nasional di Kebumen Diselenggarakan oleh Kodim 0709/Kebumen Kebumen 26 November 2012 Pendahuluan Paparan ini berusaha menggali sejarah cikal bakal berdirinya kabupaten Kebumen. Paparan ini menggunakan sumber data sementara yang telah berhasil ditemukan baik berupa buku catatan Belanda maupun babad – babad Jawa. Tidak...Kembalinya jati diri Bangsa Indonesia yang berpancasila