Situs Kali Bengkok terletak di Desa Sadang Kulon, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen, berada tepat di sebelah Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sadang. Situs geologi ini merupakan salah satu bukti adanya tumbukan Lempeng Samudera dan Lempeng Benua di daerah Kebumen sejak masa Pratersier.

Menurut ilmu geologi, situs batuan yang mencuat di Kali Brengkok merupakan hasil tumbukan antara Lempeng Samudera dan Lempeng Benua. Berdasarkan uji pengukuran Radioaktif, diketahui bahwa batuan ini telah berusia 121 juta tahun. Batuan di Kali Brengkok termasuk dalam jenis batuan Sekis Mika yang berasal dari zaman Kapur. Batuan ini merupakan batuan tertua yang tersingkap di pulau Jawa dan menjadi alas atau dasar dari pulau Jawa.

Batuan Sekis Mika berasal dari batuan pasir yang mengandung mineral asam yang berada dalam Lempeng Benua kemudian masuk ke dalam wilayah tumbukan (Lempeng Samudera dan Lempeng Benua) dan berubah menjadi Sekis Mika.

Lokasi situs geologi Kali Brengkok berjarak sekitar 25 Km dari kota Kebumen dan ditempuh melalui jalur satu arah Mertakanda – Karangsambung – Banjarnegara- Wonosobo. Situs ini telah menjadi milik LIPI Karangsambung dan menjadi salah satu lokasi penelitian wajib para geolog baik mahasiswa geologi maupungeolog profesional dari berbagai negara. Lokasinya yang berada di tepi jalansangat dan indahnya pemandangan alam khas daratan yang dahulunya merupakan dasar samudera ini, semakin menarik dan tidak bosan – bosannya untuk kita kunjungi. (Oleh: Ananda. R)

http://kebumen2013.com/wp-content/uploads/2012/08/Situs-Geologi-Kali-Brengkok-sadang-kulon-sadang-kebumen-5.jpghttp://kebumen2013.com/wp-content/uploads/2012/08/Situs-Geologi-Kali-Brengkok-sadang-kulon-sadang-kebumen-5-140x140.jpgAnanda. RPariwisataSitus Geologi di Kebumen,Tempat berwisata di KebumenSitus Kali Bengkok terletak di Desa Sadang Kulon, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen, berada tepat di sebelah Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sadang. Situs geologi ini merupakan salah satu bukti adanya tumbukan Lempeng Samudera dan Lempeng Benua di daerah Kebumen sejak masa Pratersier. Menurut ilmu geologi, situs batuan yang mencuat di...Kembalinya jati diri Bangsa Indonesia yang berpancasila