Situs Menhir Watu Tumpeng, Tanggul Asih, Sadang Wetan - Kebumen
Situs Menhir Watu Tumpeng, Tanggul Asih, Sadang Wetan – Kebumen

Situs Megalitikum Watu Tumpeng Tanggul Asih ini termasuk dalam kategori kebudayaan Menhir. Situs ini berada di Dusun Tungku, Desa Sadang Wetan, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen, lebih – kurang 500 meter dari Wisata Embung (Telaga buatan) Cangkring yang berlokasi di Desa Cangkring, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen. Menhir ini memiliki bentuk layaknya Tumpeng (Ambeng) sebagai inti dari situs, dikelilingi oleh batu – batu yang berukuran lebih kecil dalam lingkaran terasering/berundak sehingga mirip sebuah tumpeng yang dikelilingi oleh kelengkapan lain seperti lauk pauk dan sebagainya.

 

Bagian inti dari situs ini yakni Batu Tumpeng dikelilingi oleh rumpun bambu. Sebelumnya terdapat pula tugu megalitikum yang terbuat dari batu yang berukuran lebih kecil dari Batu Tumpeng, sayangnya tugu tersebut kini telah hilang dan digantikan dengan tugu buatan dari semen bertuliskan 0281. Selain tugu batu, terdapat pula batu lempeng bertuliskan huruf kuno, tetapi ketika penulis dan tim “Kebumen2013” melakukan penelusuran pada 14 Agustus 2012 batu tersebut telah roboh terbalik sehingga tulisan tersebut tertimbun tanah. Robohnya batu ini disebabkan oleh kegiatan penambangan Kaolin murni/lempung putih, lempung ini dibawa ke jakarta (kegunaan kaolin untuk bahan dasar membuat keramik dan bisa juga sebagai bahan pembuat obat diare) dilokasi situs beberapa waktu yang lalu.

Akses jalan menuju lokasi situs Megalitikum Menhir Watu Tumpeng Tanggul Asih di Dusun Tungku, Desa Sadang Wetan, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen ini sangat mudah dan baik. Lebih – kurang 30 Km ke arah utara dari kota Kebumen melalui jalan utama Mertakanda – Karangsambung – Banjanegara – Wonosobo (sesampainya di jembatan Cangkring desa Sadang Wetan kemudian ambil arah kanan menuju Wonosobo). Perjalanan melalui perkebunan tebu di puncak perbukitan Kebumen ini menambah kesan tersendiri bagi wisatawan. Untuk sementara kendaraan bisa diparkir di tepi jalan di lokasi Embung Cangkring. (Oleh: Ananda. R – Kebumen, Selasa Kliwon 14 Agustus 2012)

http://kebumen2013.com/wp-content/uploads/2012/08/menhir-dikelilingi-tanaman-bambu.jpghttp://kebumen2013.com/wp-content/uploads/2012/08/menhir-dikelilingi-tanaman-bambu-140x140.jpgAnanda. RSejarahcatatan sejarah kebumen,saksi sejarah,Tempat berwisata di Kebumen,tempat-tempat bersejarah di kebumenSitus Megalitikum Watu Tumpeng Tanggul Asih ini termasuk dalam kategori kebudayaan Menhir. Situs ini berada di Dusun Tungku, Desa Sadang Wetan, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen, lebih - kurang 500 meter dari Wisata Embung (Telaga buatan) Cangkring yang berlokasi di Desa Cangkring, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen. Menhir ini memiliki bentuk...Kembalinya jati diri Bangsa Indonesia yang berpancasila