Mexolie Sarinabati Panjer Kebumen adalah pabrik yang didirikan Belanda pada 1851 dengan nama awal NV Oliefabrieken Insulinde yang kemudian pada tahun 1926 diganti Mexolie. Kawasan ini dahulunya merupakan bekas kerajaan panjer kuno hingga berhasil dibumihanguskan Belanda pada 1831 setelah Diponegoro yang selama 4 tahun berada di tempat ini sebagai pusat kekuatannya, berhasil dijebak dalam perundingan Magelang, tempat ini juga sangat penting artinya terhadap peristwa agresi militer Belanda II. Tempat ini merupakan pertahanan terluar TNI indonesia di sebelah barat.dsb peristiwa sejarah yang terjadi di sini (selengkapnya buka www.kebumen2013.com). Bangunan yang sesuai Undang Undang no 11 tahun 2010 ini merupakan cagar budaya dirusak dengan dalih dibangun hotel cafe wan waterboom tanpa pedulikan sejarah.

Pelelangan awal aset Mexolie berupa mesin atap mebel dan semua bangunan hingga menjadi rusak tak beratap terjadi pada tahun 2000 an. Kemudian pada tahun 2012 kembali di rusak dan dijuali kayunya, batu batanya, sisa besinya , rangka atapnya, mesinnya dsb, Bahkan tanahnya yang mengandung pasir di bawah floor penjemuran kopra pun diambil pasirnya menggunakan alat berat. Kini bangunan yang merupakan aset propinsi jawa tengah ini morat marit. Rumah rumah penduduk dihancurkan (dulu mess karyawan) penduduk dieksekusi tanpa uang ganti sedikitpun, jerit tangis mereka itu kini semakin terinjak ketika setelah diacak acak tanpa mengindahkan undang undang, mangkrak rusak, kawanan kambing didatangkan dan diternak di kawasan itu, bahkan dikandang di rumah mess megah mexolie.

Suatu penghinaan yang luar biasa, tanpa rasa kemanusiaan.siapapun yang menjadi gubernur jateng besok, kami harapkan bisa menyelamatkan Sarinabati Mexolie meski tinggal sisa sisa, meski semua yang berharga milyaran telah raib, meski pun gubernur besok tidak mendapat bagian dari hasil milyaran ekplorasi gila dari mexolie ini, buktikan bahwa gubernur mendatang peduli dan menghormati tempat leluhur dan bersejarah ini. meski di kebumen tidak ada yang peduli, saya yakin di luar Kebumen kepedulian akan terus mengalir untuk mexoli dan sarinabati. Kita masih punya Pancasila, masih punya kemanusiaan. masih percaya bahwa Tuhan itu ada dan Maha melihat.yang tidak percaya pastiĀ  merusak tanpa perduli nurani dan kemanusiaan.

Generated by Facebook Photo Fetcher 2