Komandan Kodim 0709 Kebumen, Letnan Kolonel Infanteri Dany Rakca Andalaswan, S. Ap, memberi sambutan saat Pagelaran Ebleg Singa Mataram akan di mulai
Komandan Kodim 0709 Kebumen, Letnan Kolonel Infanteri Dany Rakca Andalaswan, S. Ap, memberi sambutan saat Pagelaran Ebleg Singa Mataram akan di mulai

Peringatan hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2012 di desa Panjer kabupaten Kebumen dimeriahkan dengan pagelaran Ebleg Pakem Singa Mataram Panjer. Kegiatan ini sengaja diadakan, selain untuk menghibur warga, bertujuan juga untuk menanamkan semangat patriotisme kepancasilaan terhadap warga. Terlebih kesenian ebleg pakem ini bukan semata – mata kesenian bergenre tari saja, melainkan sebuah Sendratari Perang yang sengaja dibuat oleh seniman Mataram atas perintah Sultan Agung pada waktu itu sebagai media pengingat terhadap perjuangan Mataram melawan VOC sampai di Batavia ketika Raja Mataram tersebut bersama angkatan perangnya bermarkas di Kadipaten Panjer yang kini berubah menjadi Kabupaten Kebumen.

Kegiatan ini digelar di Situs kebun Raja Panjer (Kodim 0709 Kebumen) yang dahulunya merupakan tempat berdirinya Kerajaan Panjer Kuno dan tempat lumbung pangan (logistik) serta  basis militer terbesar Mataram berada.

Masyarakat sangat antusias dengan adanya pagelaran Ebleg Pakem Panjer yang telah mendarah daging di jiwa mereka ini. Pagelaran ebleg ini sedikit mengurangi beban masyarakat yang selama ini prihatin dengan akan dirubahnya situs bersejarah kebanggaan Kebumen dari masa ke masa di Panjer ini menjadi Hotel, Restoran, cafe dll, yang tentunya akan menghilangkan makam – makam leluhur Panjer yang berada di tempat tersebut misal : Pamokshan Gajah Mada, Sendang Kalasan, Pendopo Agung Panjer, Pertapaan Diponegoro Panjer dll yang semuanya masuk di dalam wilayah ex pabrik Mexolie Panjer Kebumen yang kini menjadi milik Provinsi Jateng.

Bangunan Belanda yang selesai dibangun pada tahun 1851 ini rusak setelah adanya pelelangan atap, besi, mesin-mesin, rel, lori dll bekas perangkat pabrik Mexolie. bahkan sisa Roda Meriam VOC pun ikut terlelang beberapa waktu yang lalu. Bangunan ini kini semakin rusak dengan dirobohkannya perumahan-perumahan kayawan yang telah berdiri lebih dari 50 tahun ini.


Acara pagelaran ebleg dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila ini dibuka oleh Komandan Kodim 0709 Kebumen Letnan Kolonel Infanteri Dany Rakca Andalaswan, S. Ap yang sangat antusias dengan pelestarian kebudayaan Asli Nusantara ini. Dandim juga menyayangkan adanya rencana perubahan situs bersejarah Panjer ini menjadi lokasi Hotel, Cafe Restoran dan wisata ini. Hilangnya situs bersejarah ini semakin membuat generasi penerus kehilangan Jati diri dan semangat patriotismenya. (Oleh: Ananda. R)

http://kebumen2013.com/wp-content/uploads/2012/06/dandim-1024x819.jpghttp://kebumen2013.com/wp-content/uploads/2012/06/dandim-140x140.jpgAnanda. RBudayaArti Pancasila,barongan ala kebumen,ebleg,Ebleg Pakem Panjer,Hari lahirnya Pancasila 1 Juni,kesenian khas kebumen,kesenian tradisional kebumen,Komandan Kodim 0709 Kebumen Letnan Kolonel Infanteri Dany Rakca Andalasawan,PancasilaPeringatan hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2012 di desa Panjer kabupaten Kebumen dimeriahkan dengan pagelaran Ebleg Pakem Singa Mataram Panjer. Kegiatan ini sengaja diadakan, selain untuk menghibur warga, bertujuan juga untuk menanamkan semangat patriotisme kepancasilaan terhadap warga. Terlebih kesenian ebleg pakem ini bukan semata – mata kesenian bergenre tari...Kembalinya jati diri Bangsa Indonesia yang berpancasila