Kesambet bermakna tersambut, disambut oleh makhluk halus, karena perbedaan materi penyusun tubuh, gel listrik, magnetik juga audio, maka menimbulkan reaksi merinding, lemes pusing dan sebagainya, seperti waktu kita didepan PC, dibawah tower sutet, dll. Jika daya manusia tersebut terlalu rendah, maka energi dari gaib tersebut bisa merubah frekuensi motorik dan sensorik manusia, timbullah kesurupan. Surup artinya salah/kesalahan, missing of the human frequency. cara membetulkannya yaitu dengan memutus kontak arus 2 subjek yg berbeda tsb (diusir,dalam bahasa jawa).

Pemain Ebleg Singa Mataram Kesambet
Pemain Ebleg Singa Mataram kesambet/ kesurupan/ trans

Ngusir brasal dari kata kusir yang artinya mengendalikan, jadi bisa menguasai dan menyuruh untuk segera pergi dari sekitar subjek yang tersambut tadi, sehingga energi manusia tersebut kembali wajar. Supaya kita bisa jadi pengendali/kusir, kita harus kenal yang akan kita kendalikan tadi dan harus bisa menyamakan energi kita dengan makhluk halus tersebut, agar bertegangan sama dan tidak terjadi kesalahan/missing frekuency, menyamakannya dengan tirakat atau puasa lahir dan batin.

Mengapa ngusir/nyambat(nego) makhluk halus dgn tirakat?, dengan kosongnya makanan dalam lambung, maka energi tubuh akan terkumpul lebih banyak, karena terbagi untuk kegiatan pencernaan, sementara darah tetap beroperasi sebagai PLTA tubuh. Kurangnya kepekatan darah sebab enzim-enzim dari makanan sedang kosong, menjadikan darah lancar dan makin cepat berputar gerakkan turbin-turbin tubuh (organ-organ dalam) sehingga menaikkan tegangan yang membuat panca indra kelebihan energi (overload), disebutlah supranatural, lebih dari wajar.
Adanya kelebihan energi tadi menimbulkan pancaindra makin peka, mata bisa melihat yg lebih halus, pendengaran bisa mendengar suara lelembut (suara yang lebih lembut/halus), penciuman bisa mencium aroma lelembut, perasa juga demikian. Orang yg demikian disebut paranormal (ora normal/tdk sewajarnya manusia).layaknya ahli radio, mrk tau bahwa ada frekuensi lebih tinggi diatas gelombang AM, yakni gelombang FM dan SW. Untuk bisa merubah AM ke FM/SW harus disamakan frekuensinya dengan menambah lilitan, kumparan spul, dll sbg generator.
Apabila spul dan semua tadi telah sama, maka kita akan dapatkan siaran-siaran dari berbagai radio diseluruh dunia, tergantung kesamaan frekuensinya sehingga bisa kita dapati radio yang hanya AM tidak bisa menangkap FM atau SW, begitu juga sebaliknya. Tetapi kita juga bisa mendapati satu radio yang bisa menangkap 3 frekuensi tersebut. Di dalam manusia,raga kita masuk dalam frekuensi AM, batin kita FM, sukma kita SW, maka kita perlu belajar sangkan antara lan paran, agar menjadi radio yang lengkap. Bagaimana orang akan tahu SW, jika dia hanya punya AM?.

Keselong berasal dari kata dasar kalong yang berarti kurang, dan selang yang berarti pinjam. Jadi keselong artinya terkurangi kenormalan tubuh akibat tersambut/kesambet. bermakna juga dipinjam kesadaran manusianya oleh makhluk halus. Keselong bisa juga berarti ilang, hilang kesadaran bahkan sering juga hilang seraganya. semuanya itu/keselong itu akibat kesambet, jadi proses kesambet mengakibatkan keselong.

Kesambet dapat dikategorikan dalam beberapa bentuk, sesuai penyambetnya:  kesambet makanan dan minuman, kesambet nafsu (nafsu makan, nafsu marah, sex, kesenangan, kesedihan akan sesuatu, amarah, bahkan nafsu ibadah), kesambet ilmu pengetahuan dan kesambet makhluk halus. Semua bisa membuat raga, batin dan ruh menjadi tidak wajar bahkan sampai tidak ingat, yang paling bahaya adalah kesambet nafsu-nafsu. Sembahyang pun jika nafsu, jadinya sok suci, paling benar. Benar yang belum tentu benar menurut Tuhan. Baru benar menurut dari dan fahamnya sendiri.

Keselong berdasarkan faktor sengaja dan tidaknya bisa dikategorikan menjadi:
diselongna dan niat keselong. diselongna berarti hilangnya kesadaran,bahkan juga mungkin raganya karena disebabkan oleh faktor luar, misal makan makanan kadaluarsa, bisa lupa diri, bahkan hilang nyawa dan raga. buang air ditempat angker juga bisa kesambet dan keselong dsb. Niat keselong berarti unsur kesengajaan manusia, sidah tahu makanan expired/ alkohol tinggi, tetap saja ditelan, jadi mabuk/ niat mabuk. ngerti angker nekad, uji nyali.
Tergoda oleh lawan jenis juga termasuk keselong, sehingga bisa membuat pikiran kacau, bahkan bagi yg telah berkeluarga bisa berakibat hilang dari rumah, minggat dengan penggodanya. contoh kasus bang toyib yang tidak pulang-pulang. sedangkan niat keselong adalah hobi selingkuh. jika ketahuan bisa tidak normal rumah tangganya dan juga menyebabkan kehilangan kebahagiaan, bahkan jika cemburu buta bisa terjadi saling bunuh yang berarti hilangnya raga. rasa ingin punya sesuatu, jika tidak kesampaian bisa nekad mencuri, artinya dari keselong jadi niat keselong.
Mahluk halus sebagai subjek penyambet dan penyelong menurut tempat tinggalnya dibagi 2:
yang tinggal dlm diri kita(intrinsik devil) berwujud nafsu-nafsu kita. jika kita tidak bisa mengendalikan, semua akan menjadi penyambet dan penyelong yang luar biasa ganas,melebihi dajjal, iblis dan setan, mengapa?, karena dajjal, setan dan iblis memang takdirnya sbg penyambet, sedangkan manusia ditakdirkan sebagai pengendali pengusirnya, kok malah nekad menyambetkan diri, maka disebut badan wong nyawa setan.
Jika manusia telah jadi makhluk halus seperti diatas, bahkan jin, setan ora doyan, demit juga tidak akan ndulit, bahkan dajal iblis setanpun akan takut karena khawatir akan diselongkan manusia tadi dari takdirnya sebagai iblis. mereka tidak akan menerima manusia tadi sebagai golongannya sebab raganya adalah manusia,sedangkan di gol manusia, orang tersebut juga akan dicurigai karena tingkahnya seperti setan. Makhluk halus yg kedua adalah yang berasal dari luar diri manusia (extrinsik), tipe ini banyak sekali macamnya dan memang tercipta dan tertakdir menjadi penyelong.
Makhluk halus yang asli tercipta dalam luar diri manusia (original devil) dapat digolongkan menjadi bermacam-macam sesuai bentuknya. Adapun nama-nama mereka antara lain, belis, setan, jin abang ijo kuning putih biru ireng dadu dsb, jim, menter, mentek, jejanggitan, gelidrah, tuk tuk sur, ilo ilo, banaspati,kemamang, lelembut, jerangkong, gandaruwo, gandaruwong, peri perayangan, brekasakan, merkayangan, siluman, rijaluloh, tepengreges,  dalam semua memiliki wujud dan aroma yg tersendiri.

 

Oleh: Ananda. R

http://kebumen2013.com/wp-content/uploads/2012/05/pemain_ebleg_singa_mataram_kesambet_5_n.jpghttp://kebumen2013.com/wp-content/uploads/2012/05/pemain_ebleg_singa_mataram_kesambet_5_n-150x150.jpgAnanda. RSpiritualenergi tubuh,nama-nama makhluk halus,panca indraKesambet bermakna tersambut, disambut oleh makhluk halus, karena perbedaan materi penyusun tubuh, gel listrik, magnetik juga audio, maka menimbulkan reaksi merinding, lemes pusing dan sebagainya, seperti waktu kita didepan PC, dibawah tower sutet, dll. Jika daya manusia tersebut terlalu rendah, maka energi dari gaib tersebut bisa merubah frekuensi motorik...Kembalinya jati diri Bangsa Indonesia yang berpancasila