Buku Kebumen dan jejak-jejak Merah Putih
Buku Kebumen dan jejak-jejak Merah Putih

“KEBUMEN DAN JEJAK – JEJAK MERAH PUTIH” adalah buku sejarah yang mengupas peristiwa-peristiwa penting perjuangan bangsa Indonesia yang terjadi di Kabupaten Kebumen baik pada masa kerajaan maupun pada masa menuju dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kebumen adalah nama baru kabupaten Panjer yang telah dikenal luas jauh sebelum masa kemerdekaan. Kabupaten ini terletak di kawasan Kedu bagian Selatan, dimana dalam kawasan tersebut hanya terdapat dua kabupaten yakni Purworejo dan Kebumen.

Banyak buku sejarah yang mengupas perjalanan bangsa menuju dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, akan tetapi dari semua literatur tersebut ternyata tidak didapati catatan sejarah yang mengupas peran Kabupaten Kebumen yang sebetulnya memiliki fungsi yang sangat penting pada masa itu. Berangkat dari kenyataan tersebut, maka penulis sebagai putra daerah asli Kabupaten Kebumen merasa terpanggil untuk menginformasikan kepada generasi penerus khususnya di Kebumen akan peran pentingnya kabupaten kita ini dalam perjuangan bangsa menuju dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, ungkapan tersebut sangat sering sekali kita dengarkan dari media masa, bahkan dari pidato para tokoh nasional kita, kata-kata tersebut sangat cocok sekali diterapkan pada segala bidang yang tujuannya untuk mempertebal jiwa ke-Indonesia-an pada setiap warga negara Indonesia yang seharusnya berkepribadian Indonesia. Akan  sangat ironis jika anak-anak pada masa sekarang ini lebih ingat tokoh kartun seperti Batman, Superman, dibanding nama pahlawan seperti Gadjah Mada, P. Diponegoro, dan lain-lain. Maksud dari ungkapan tersebut adalah mengembalikan jatidiri bangsa dalam skala umum, hal tersebut dapat terwujud jika tiap warga negara Indonesia sendiri memiliki semangat seperti yang mereka (pahlawan) miliki, merasakah seperti itukah anda?

Kabupaten Kebumen sebagai salah satu saksi sejarah perjuangan para pahlawan, tentu memiliki tempat-tempat bersejarah, bagi warga kebumen khususnya mungkin bertanya-tanya, dimana letak tempat-tempat bersejarah tersebut?. Pada buku ini kami berusaha menunjukkan beberapa tempat bersejarah yang sepatutnya dilindungi sejarah keberadaannya diantaranya adalah:

  1. Desa Lemahlanang, Somalangu
  2. Gor Gembira
  3. Jalan Kranggan, tempat pelucutan pasukan Jepang
  4. Jembatan Kedungbener
  5. Jembatan Renville Panjer
  6. Kantor DPRD Kebumen
  7. Kantor DPU Kebumen, eks-markas Jepang
  8. Kompleks ruko Tumenggungan, eks-kantor Polisi tempat dibentuknya BKR Kebumen
  9. MAN II, eks-kepatihan Kebumen, Panjer
  10. Pabrik Mexolie Sarinabati
  11. Monumen Pager Kodok
  12. Monumen sepasang roda meriam Sarinabati Panjer
  13. Pendopo kabupaten Kebumen
  14. Perempatan Mertakanda, tempat penyerahan kedaulatan dari Belanda ke RI di Kebumen
  15. Rumah Dinas KTUA DPRD Kebumen
  16. Pabrik Sarinabati – Mexolie, Panjer
  17. Pabrik Sarinabati, utara stasiun, tempat pecahnya pertempuran AOI dengan TNI
  18. SMA Masehi, eks HCS
  19. SMP N 7 Kebumen, eks-bengkel senjata
  20. STIMIK Dharmapatria, eks HCS
  21. Taman Dewasa
  22. Tugu Renville

Atas Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, melalui restu para leluhur bangsa Indonesia, akhirnya setelah melalui pengumpulan data dari berbagai sumber berupa: wawancara dengan pelaku sejarah di kabupaten Kebumen, buku sejarah “Gelegar di Bagelen” yang disusun oleh Ikatan Keluarga Resimen XX Kedu Selatan, kitab-kitab babad, dan beberapa catatan sejarah lainnya, maka buku yang penulis beri judul “ Kebumen dan Jejak-jejak Merah Putihini berhasil diselesaikan.

DOWNLOAD Buku “Kebumen dan Jejak-Jejak Merah Putih” (9 MB)

Semoga bermanfaat, Merdeka!

Oleh: Ananda. R

http://kebumen2013.com/wp-content/uploads/2012/05/judul.jpghttp://kebumen2013.com/wp-content/uploads/2012/05/judul-150x150.jpgAnanda. RSejarahArti Pancasila,Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya,Buku Gratis,buku sejarah kebumen,catatan sejarah kebumen,Ebook Gratis,saksi sejarah,Sisi Gelap Sejarah Kebumen,tempat-tempat bersejarah di kebumen“KEBUMEN DAN JEJAK – JEJAK MERAH PUTIH” adalah buku sejarah yang mengupas peristiwa-peristiwa penting perjuangan bangsa Indonesia yang terjadi di Kabupaten Kebumen baik pada masa kerajaan maupun pada masa menuju dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kebumen adalah nama baru kabupaten Panjer yang telah dikenal luas jauh sebelum masa kemerdekaan. Kabupaten ini...Kembalinya jati diri Bangsa Indonesia yang berpancasila