Tanah pertanian hanya beberapa centimeter dari lapisan batuan
Tanah pertanian hanya beberapa centimeter dari lapisan batuan

Dusun Loning, Desa Sadang Wetan di wilayah Kecamatan Sadang Kebumen, adalah salah satu bukti betapa besarnya Karunia dan Rahmat Tuhan terhadap bumi Kebumen Indonesia. Bagaimana tidak?, Daerah ini merupakan hamparan batuan yang muncul sebagai sisa aktifitas gunung api raksasa bawah laut purba Karangsambung Kebumen. Setelah proses tumbukan lempeng benua dan samudera ratusan juta rahun silam (masa pratersier) wilayah ini ikut berubah menjadi daratan yang sangat subur dan ajaib. Keajaiban di daerah Loning ini tampak jelas pada struktur lahan pertanian warga yang sebenarnya berada di atas batuan yang hanya terlapis tanah debu halus yang sangat terbatas. Walaupun lahan pertanian ini berdiri di atas hamparan batu, namun hasil pertanian di daerah ini sangat bagus. Tiga kali dalam setahun daerah ini bertanam padi. Bisa dikatakan bahwa desa ini hampir tidak mengalami musim kemarau.


Wisata alam di daerah ini sangat menarik, baik pemandangan alam, hamparan sungai batuan, dan keanekaragaman batuan baik fosil, batu hias/taman maupun batu mulianya. Berwisata di daerah ini bisa dilakukan secara individu, keluarga maupun rombongan. Keramahan masyarakat dan masih naturalnya keadaan alam di daerah ini semakin membuat kesan yang tak mudah dilupakan. Sampai saat ini belum ada pengkhususan lokasi wisata, sehingga kita dengan leluasa menikmati dan berpetualang menjelajah Surga Dunia Indonesia di bumi Kebumen. (Oleh: Ananda. R)

http://kebumen2013.com/wp-content/uploads/2012/06/tanah-pertanian-hanya-beberapa-centimeter-dari-lapisan-batuan.jpghttp://kebumen2013.com/wp-content/uploads/2012/06/tanah-pertanian-hanya-beberapa-centimeter-dari-lapisan-batuan-140x140.jpgAnanda. RPariwisataTempat berwisata di KebumenDusun Loning, Desa Sadang Wetan di wilayah Kecamatan Sadang Kebumen, adalah salah satu bukti betapa besarnya Karunia dan Rahmat Tuhan terhadap bumi Kebumen Indonesia. Bagaimana tidak?, Daerah ini merupakan hamparan batuan yang muncul sebagai sisa aktifitas gunung api raksasa bawah laut purba Karangsambung Kebumen. Setelah proses tumbukan lempeng benua...Kembalinya jati diri Bangsa Indonesia yang berpancasila